UA-118977225-3

Virtual Field Trip SDIT Ummul Quro Depok

By February 5, 2021Berita SDIT, Kegiatan

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam bagi Nabi Muhammad saw, yang telah menebarkan dan mendakwahkan Islam ke segenap penjuru dunia. Dalam era kehidupan “New Normal” atau Kebiasaan Baru, kegiatan pembelajaran jarak jauh yang menarik dibutuhkan sebagai sebuah sarana untuk memperkuat pemahaman siswa tentang suatu pelajaran. Untuk membantu pemerintah dalam penekanan penyebaran Virus Covid 19, SDIT Ummu’l Quro membuat program yaitu “Virtual Field Trip”, untuk siswa-siswi kelas 1 s.d 5 SDIT Ummu’l Quro dengan tujuan mengajak seluruh siswa untuk belajar dengan suasana yang berbeda dari biasanya secara virtual atau tanpa harus secara langsung datang ke lokasi kunjungan.

Kunjungan secara virtual pertama bagi siswa-siswi kelas 1 s.d 5 SDIT Ummu’l Quro Depok telah dilaksanakan pada Kamis, 04 Februari 2021. Berbagai tempat kunjungan yang mengedukasi menjadi tujuan setiap kelas sesuai dengan tema yang sedang dipelajari. Virtual Field Trip menjadi suasana baru bagi siswa dalam menjalani pembelajaran jarak jauh. Antusiasme siswa dalam menyambut kegiatan Virtual Field Trip dengan mempersiapkan berbagai macam pernak pernik seperti hiasan kepala dan virtual background menambah semangat dan kegembiraan tersendiri sebelum melaksanakan kunjungan virtual pertama mereka.

Tempat wisata Seaworld Ancol menjadi tempat tujuan yang dikunjungi oleh siswa-siswi kelas 1 SDIT Ummu’l Quro Depok. Meskipun diawal acara terdapat kendala namun, kendala tersebut dapat segera diatasi. Siswa-siswi kelas 1 sangat bersemangat ketika team dari pihak Seaworld akan menyampaikan pemaparannya. Kak Djourdy dan kak Mitha menjadi pemandu dalam kegiatan virtual yang menambah wawasan siswa mengenai berbagai macam hewan-hewan yang hidup di air laut. Kegiatan diawali dengan berkeliling gedung Sea World kemudian melihat berbagai macam hewan-hewan yang hidup diair. Melihat ikan pari yang sangat besar, bintang laut, ikan buntal, belut laut, ikan piranha, hewan laut yang berbahaya dan beraneka ragam kehidupan air laut lainnya menjadi pengetahuan yang sangat menyenangkan bagi mereka. Rasa ingin tahu mereka sangat besar, hal ini dilihat dari kegiatan tanya jawab, banyak siswa yang memberikan bermacam-macam pertanyaan yang mereka ajukan pada narasumber.

 

Kunjungan virtual tak kalah menarik dilaksanakan di kelas 2, kunjung ke Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga Taman Mini Indonesia Indah menjadi destinasi wisata edukasi yang sangat menambah wawasan bagi siswa kelas 2. Bapak Sugeng dan Bu Tutik menjadi pemandu yang mengajak siswa berkeliling mengenal dunia ari tawar dan dunia serangga. Mereka melihat berbagai macam jenis dan nama ikan yang hidup di air tawar, diajak untuk melihat memberi makan ikan, membedakan ikan yang buas dan jinak, diperkenalkan dengan ikan yang jenis makanannya herbivora dan karnivora, ikan belut yang memiliki listrik dan berbagai macam dunia air tawar beserta keunikan lainnya. Setelah satu tempat mereka kunjungi, sesi tanya jawab dibuka dan disambut dengan berbagai macam pertanyaan dari siswa. Kegiatan selanjutnya siswa-siswi kelas 2 mengunjungi Dunia Serangga, disana siswa-siswi kelas 2 diajak untuk melihat berbagai serangga yang telah diawetkan karena kepunahannya maupun serangga yang masih hidup, serta manfaat serangga dalam kehidupan. Acara diakhiri dengan kembali diberikan sesi tanya jawab, kesimpulan, foto bersama, dan doa penutup.

 

Masih di Taman Mini Indonesia Indah, siswa siswi kelas 3 SDIT Ummul Quro Depok mengunjungi Museum Listrik dan Energi Baru. Kegiatan berjalan dengan lancar dengan semangat siswa-siswi kelas 3, diawali dengan berkeliling museum oleh pemandu secara live dimulai dengan melihat Robot MaxLeb, Mobil Listrik. Dibagian dalam museum terdapat Teater 5 Dimensi, Ruang Welcome Zone, LPJ (Lampu Penerang Jalan), Kompor surya, Panel Surya, Kincir Air, Mikro Hidro, Mobil Surya Ex ITS, Genset ex Islama, Listrik, Si Lintar, Robot Dance. Ketika ada peragaan Robot Dance siswa terlihat sangat senang karena robot tersebut bisa dance, menendang bola, push up dan lainnya. Selanjutnya siswa menyaksikan video mengenai energi dan proses listrik dari sumber energi listrik hingga listrik bisa masuk ke dalam rumah sehingga anak – anak ditanamkan sikap untuk selalu menghemat energi karena listrik yang mereka nikmati saat ini melalui proses yang panjang. Kemudian terdapat science show yakni, peragaan sederhana mengenai listrik dari buah, listrik statis dan siswa bisa mempraktikan sendiri dirumah. Sebelum acara berakhir, siswa bermain Quizizz, mereka sangat antusias karena 3 orang dengan nilai terbaik akan mendapatkan souvenir dari pihak museum.

 

Berkunjung secara virtual ke tempat wisata flora dan fauna Kebun Raya Bogor menjadi tujuan siswa-siswi kelas 4 SDIT Ummul Quro Depok. Kegiatan ini diisi dengan berkeliling melihat berbagai lokasi menarik di Kebun Raya Bogor seperti lokasi sejarah, koleksi tumbuhan menarik dan museum Zoologi. Pertama-tama siswa di ajak berkeliling Kebun Raya Bogor dengan dipandu oleh petugas yang menunjukkan dan menjelaskan nama-nama tumbuhan tersebut, asalnya, dan manfaatnya. Setelah itu, petugas memandu ke museum Zoologi. Di sana mereka diperlihatkan berbagai macam hewan yang telah di awetkan. Dan yang paling ditunggu adalah saat melihat rangka paus biru (Blue Whale). Selama pelaksanaan kegiatan, siswa banyak berinteraksi dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan yang menarik

 

Kegiatan Virtual Field Trip dengan lancar juga dilaksanakan oleh kelas 5 Siswa-siswi SDIT Ummu’l Quro Depol dengan mengunjungi dua museum bersejarah yaitu, museum bahari dan museum naskah proklamasi (munasprok). Di museum bahari anak-anak terlihat sangat antusias karena dilakukan secara live dari pemandu langsung di lokasi. Anak-anak diajak berkeliling museum secara virtual dari mulai pintu masuk menuju peta Batavia lalu ke ruang koleksi kapal tradisional dan aneka peninggalan pemerintah kolonial Belanda seperti meriam dan benteng pertahanan gedung rempah-rempah milik VOC. Tour dilanjutkan ke ruang penyimpanan rempah-rempah dan ruang tokoh-tokoh yang berperan dalam kebaharian seperti laksamana chengho, laksamana Malahayati, Ibnu Batuta, Marcopolo, dll.. Lokasi kunjungan virtual berikutnya adalah munasprok. Di sini anak-anak menyaksikan film dokumenter dari pihak museum yang berisi tokoh-tokoh yang terlibat dalam penyusunan naskah proklamasi. Masing-masing tempat museum diakhiri dengan pemberian plakat oleh guru kelas 5 kepada pihak museum serta foto bersama.

 

Kegiatan Virtual Field Trip, menjadi kegiatan menyenangkan dan menarik bagi siswa-siswi kelas 1 s.d 5 SDIT Ummu’l Quro Depok. Meskipun beberapa kelas mengalami kendala, seperti jaringan dan lain-lainnya. Selama pelaksanaan kegiatan siswa terlihat sangat antusias, dengan banyaknya interaksi dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan. Semoga kegiatan ini menjadi pengalaman seru dan menyenangkan serta bermanfaat untuk Ananda hebat siswa siswi kelas 1 s.d 5 SDIT Ummu’l Quro Depok

fajar

Author fajar

More posts by fajar

Leave a Reply